Sabtu, 17 November 2012

Kenapa harus RETAIL ?

Menurut saya bisnis bisa dikelompokkan menjadi 2 ( dua ) bagian :
1. Bisnis Lobby
2. Bisnis Retail.

Bisnis lobby adalah bisnis yang didapatkan dengan cara melobby kepada pihak pemberi kerja , bentuknya bisa melalui tender terbuka atau penunjukkan langsung. Bisnis lobby ini biasanya dengan termin pembayaran mundur , bisa 30 hari, 60 hari atau lebih. tergantung kepada kondisi yang telah disetujui antar pemberi kerja atau pelaksana kerja. Pembayaran termin pertama biasanya 3-4 bulan. Margin usaha ini tergolong besar daripada bisnis retail. Nah, selama kurun waktu tersebut penerima kerja harus mengalokasikan modalnya untuk operasional nya sampai dengan pembayaran termin cair. Artinya kondisi keuangan perusahaan harus lebih utk mem-back up operasional nya. Tidak bisa langsung menikmati keuntungannya secara harian.



Inilah yang membedakan dengan Bisnis Retail. Yang konsep sellingnya adalah harian. Jadi jika hari ini keluar modal, besok sudah menikmati keuntungannya. Bisnis ini cocok bagi pengusaha pemula , dimana dengan modal minimum yang setiap hari diputar , setiap hari pula memperoleh keuntungan. keuntungan itu akan berlipat jika seandainya bisa mengatur pembayaran dengan distributor atau supplier.

Jadi singkatnya , dapat supply barang secara kredit , menjualnya dengan cash. Retail minimarket termasuk salah satunya. Pembayaran kepada supplier bisa diatur mulai dari 7 hr, 14 hari , 1 bulan s/d 2 bulan. Disitulah profit takingnya. walaupun margin kecil tapi berlipat. makanya tidak heran jika pebisnis retail juga masih jaya s.d sekarang, sebut saja HERO, MAKRO, CARREFOUR dsb.....

Jika retail bisnis sudah kuat , tidak ada salahnya ekspansi usaha ke bisnis lobby.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar