MEMPERKUAT MEREK!!
Pada
awal mula sebuah perusahaan ataupun usaha kecil dibuka, mereka mendahulukan
sebuah “image” murah dimata konsumen dengan sebuah harapan bahwa hal tersebut
dapat menambah jumlah transaksi dan menambah keuntungan di depan. Namun pada
kenyataannya, demi mendapatkan konsumenpun rela banting-bantingan harga sampai
sampai harga produksi ataupun daya beli mereka disamakan dengan harga jual.
Tapi hal tersebut kebanyakan justru membuat rugi si pemilik dan bahkan harus
gulung tikar karena kehabisan modal bahkan untuk perputaran uang selanjutnya
dan untuk membayar jumlah karyawan yang ia miliki bahkan iuran listrikpun tidak
mampu ia bayar.
Pemasaran
yang seharusnya dilakukan ialah pertama kali ialah harus MEMPERKUAT BRAND IMAGE
usaha yang kita miliki. Pada dasarnya konsumen pada masa sekarang membeli
barang bukan dari kualitas ataupun manfaat yang dia peroleh namun hanya dari
keinginan “mereka akan membeli dimana?”.
Suatu
ketika terlintas di kepala konsumen akan membeli produk yang bisa membersihkan
tubuh (misalnya sabun) (entah itu merek sabun apa), yang pertama kali diingat
seorang konsumen ialah “MEREKA AKAN MEMBELI DIMANA?”. Jika kita fokus dalam
menjual barang maka yang harus kita lakukan ialah menciptakan brand image
dimana konsumen ingin membeli produk tersebut maka ADANYA DI TEMPAT KITA, tidak
di tempat lain. Namun jika kita fokus dalam menciptakan sebuah produk, hal yang
pertama kali kita lakukan ialah membuat brand image “PRODUK APA YANG HARUS SAYA
BELI!!”.
Berbeda
dengan pemasaran tradisional yang menganggap bahwa harga itu adalah nomor 1.
Memang benar harga dalam persaingan adalah yang terpenting, tapi tidak
selamanya PENTING!!. Jika kita melihat di supermarket’’ yang ada disana kita
lihat harga harga barang yang ditawarkan pun relatif jauh lebih murah dibanding
dengan pasar retail modern yang berceceran di pinggir jalan. Tapi kenapa omset
keuntungan (bukan penjualan) dari retail modern lebih banyak ketimbang dengan
hasil dari penjualan supermarket yang harus membayar lebih gaji karyawannya
serta pajak yang harus mereka bayar?. Itu karena mereka hanya sebagai penarik
saja demi mendapatkan untung sesungguhnya di produk lainnya!
Pemasaran
yang dibutuhkan sekarang ialah dimana dapat memberikan akses mudah kepada
konsumennya untuk mendapatkan barang dalam jarak yang sangat dekat, serta harga
yang kompetitif. Karena konsumen sekarang sudah terlalu sering dimanjakan oleh
kompetitor lain demi mendapatkan kemudahan dalam berbelanja. Jika mereka bisa
memanjakan konsumen, kenapa kita tidak mencoba?, pahami pasar jangan sampai pasar
yang harus memahami kita!!. Namun perlu dikatahui juga, jangan sampai
memberikan harga yang terlalu murah karena hal tersebut hanya akan membuat
“KERJA BAKTI” saja tanpa hasil yang jelas. Susah susah menjual tapi tidak dapat
apa-apa. CAPE DEEHH!!.
by
shandy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar