Sabtu, 17 November 2012

MEMULAI BISNIS RETAIL SEMBAKO

Apakah yang anda bayangkan jika ingin membuka usaha minimarket atau toko kelontong ( sembako ) ? Pastilah yang pertama modal dalam bentuk finansial yang berjumlah besar , atau tempat ( toko , ruko ) yang memiliki space luas, sdm, sistem, cara kulakan barang atau setting harga jual bahkan promosinya . Pokoknya banyak faktor yg harus dipenuhi jika ingin memulai . Trus , apakah dengan masalah2 tadi kita semakin tertantang untuk segera membuka atau malahan mundur halus dan semakin ketakutan ? ha ha pastilah jawaban kedua itu mayoritas , artinya benar pepatah mengatakan banyak org yang memiliki mimpi, tetapi hanya sebagian orang yang berani mewujudkan mimpi.

Ayo kita tetap fokus dan terus berusaha mewujudkan mimpi .  Bagaimana cara konkritnya , Sekarang anda dikondisikan sebagai karyawan yang notabene gaji merupakan alternatif utama sumber keuangan keluarga . Pasti anda memiliki rumah , walaupun bisa nebeng sama ortu , keluarga , atau bisa sewa . kontrak dgn org lain . Setiap rumah rata - rata memiliki teras , garasi atau tempat2 idle yg bs dimanfaatkan untuk disetting sebagai lokasi usaha .
Buatlah petak yg bisa mempresentasikan sebagai toko  walaupun kecil contoh 3 x 4 meter , buat rak sederhana dari kayu , kemudian berbelanjalah sembako yg biasa dikonsumsi masyarakat di toko grosir . Paling ngga mewakili sembilan bahan pokok  mulai dari beras, gula ,kopi, teh , susu , margarin, minyak goreng, tepung, mie , sedikit obat2an dan alat tulis sederhana. Oh ya uang modalnya dari mana ? Anda bisa mulai dengan menggunakan uang tabungan yg ada , uang gaji yg dipinjam sebagian, bisa hutang dari Bank IMF ( istri, mertua, family ) he he ,,,atau gesek tunai kartu kredit jika sdh memiliki , bisa dgn KTA ( kredit tanpa agunan, atau kredit bank yang menggunakan slip gaji ....

atau dari lembaga pembiayaan mikro contohnya PNM = Permodalan Nasional Madani yg bunga nya relatif kecil. oh ya kulakan barangnya minimum aja , bisa masing-masing 3, atau 6 item utk satu jenis barang. Harga jualnya bikin lebih murah sedikit dari pesaing kita yg terdekat . Untuk promonya bs bikin brosur copy an diedarkan ke rumah2 tetangga dan jangan lupa cantumkan nomor telepon , biar calon pelanggan mudah menghubungi kita . Jika minimum outlet sdh jadi , perlahan2 nanti aku sales , canvassing , distributor yang akan menawarkan barangnya , nah kita sdh bisa mulai negosiasi utk mendapatkan fasilitas kredit barang mereka. jika anda sdh bisa mengelola dgn baik di awal bisnis , Insya Allah langkah berikutnya gampang dan bisa dikembangkan yg lebih besar lagi . Sambil berjalan , mulailah utk melengkapi barang2 dagangan anda, cara yg paling mudah menentukan jenis barangnya adalah dengan mendengar masukan2 dari pelanggan tentang barang apa yg sering dicari tapi belum ada di toko anda ..untuk sdm di bisnis awal ini dengan memanfaatkan tenaga anggota keluarga , jika omzetnya membaik anda bisa merekrut karyawan sesuai dengan kebutuhannya . Kini , anda sdh menjadi seorang pengusaha retail. Tinggal membesarkan saja usahanya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar