Senin, 17 Juni 2013

Memperkuat Merek



MEMPERKUAT MEREK!!
            Pada awal mula sebuah perusahaan ataupun usaha kecil dibuka, mereka mendahulukan sebuah “image” murah dimata konsumen dengan sebuah harapan bahwa hal tersebut dapat menambah jumlah transaksi dan menambah keuntungan di depan. Namun pada kenyataannya, demi mendapatkan konsumenpun rela banting-bantingan harga sampai sampai harga produksi ataupun daya beli mereka disamakan dengan harga jual. Tapi hal tersebut kebanyakan justru membuat rugi si pemilik dan bahkan harus gulung tikar karena kehabisan modal bahkan untuk perputaran uang selanjutnya dan untuk membayar jumlah karyawan yang ia miliki bahkan iuran listrikpun tidak mampu ia bayar.
             
Pemasaran yang seharusnya dilakukan ialah pertama kali ialah harus MEMPERKUAT BRAND IMAGE usaha yang kita miliki. Pada dasarnya konsumen pada masa sekarang membeli barang bukan dari kualitas ataupun manfaat yang dia peroleh namun hanya dari keinginan “mereka akan membeli dimana?”.

Suatu ketika terlintas di kepala konsumen akan membeli produk yang bisa membersihkan tubuh (misalnya sabun) (entah itu merek sabun apa), yang pertama kali diingat seorang konsumen ialah “MEREKA AKAN MEMBELI DIMANA?”. Jika kita fokus dalam menjual barang maka yang harus kita lakukan ialah menciptakan brand image dimana konsumen ingin membeli produk tersebut maka ADANYA DI TEMPAT KITA, tidak di tempat lain. Namun jika kita fokus dalam menciptakan sebuah produk, hal yang pertama kali kita lakukan ialah membuat brand image “PRODUK APA YANG HARUS SAYA BELI!!”.

            Berbeda dengan pemasaran tradisional yang menganggap bahwa harga itu adalah nomor 1. Memang benar harga dalam persaingan adalah yang terpenting, tapi tidak selamanya PENTING!!. Jika kita melihat di supermarket’’ yang ada disana kita lihat harga harga barang yang ditawarkan pun relatif jauh lebih murah dibanding dengan pasar retail modern yang berceceran di pinggir jalan. Tapi kenapa omset keuntungan (bukan penjualan) dari retail modern lebih banyak ketimbang dengan hasil dari penjualan supermarket yang harus membayar lebih gaji karyawannya serta pajak yang harus mereka bayar?. Itu karena mereka hanya sebagai penarik saja demi mendapatkan untung sesungguhnya di produk lainnya!

            Pemasaran yang dibutuhkan sekarang ialah dimana dapat memberikan akses mudah kepada konsumennya untuk mendapatkan barang dalam jarak yang sangat dekat, serta harga yang kompetitif. Karena konsumen sekarang sudah terlalu sering dimanjakan oleh kompetitor lain demi mendapatkan kemudahan dalam berbelanja. Jika mereka bisa memanjakan konsumen, kenapa kita tidak mencoba?, pahami pasar jangan sampai pasar yang harus memahami kita!!. Namun perlu dikatahui juga, jangan sampai memberikan harga yang terlalu murah karena hal tersebut hanya akan membuat “KERJA BAKTI” saja tanpa hasil yang jelas. Susah susah menjual tapi tidak dapat apa-apa. CAPE DEEHH!!.

by shandy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar